Rabu, 10 Agustus 2011

7. Pantun Pembealajaran Sains SD/MI kelas 2 Smt 1 (Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan)

7. Pantun Pembealajaran Sains SD/MI kelas 2 Smt 1 (Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan)


    Oleh
    Hamdi Akhsan


Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
1.  Mengenal bagian-bagian utama  tubuh  hewan  dan tumbuhan,  pertumbuhan hewan dan tumbuhan  serta
     berbagai tempat hidup makhluk hidup.

1.3  Mengidentifikasi berbagai tempat hidup makhluk hidup (air, tanah dan tempat lainnya)
I
Teluk Betung pantainya indah,
Dari merak terlihat dekat.
Burung bersayap di udara,
bertangan kaki hidup didarat.

Pulau pandan jauh di hilir,
tempat bersarang burung tempua.
Kalaulah ikan hidup di air,
kalau didarat matilah dia.

Cilincing ada di tanah sunda,
tempatnya persis di jawa barat.
Cacing hidup didalam tanah,
didalam buah banyak ulat.

1.4  Mengidentifikasi  makhluk hidup yang menguntungkan dan membahayakan

II
Pulau Bali pantainya luas,
mentari petang begitu indah.
Berhati-hati binatang buas,
kalau menerkam bisa bahaya.

Pulau selayar jauh di mata,
di Sulawesi perannya penting.
Bahaya ular karena berbisa,
sama seperti kala jengking.

Beli tembikar di kota jogja,
harganya murah sampai separuh.
Elang mencakar membuat luka,
buaya menggigit bisa membunuh.

6. Pantun Pembelajaran Sains SD/MI kelas 2 Smt 1

6. Pantun Pembelajaran Sains SD/MI kelas 2 Smt 1

     
    Oleh
    Hamdi Akhsan


Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
1.  Mengenal bagian-bagian utama  tubuh  hewan  dan tumbuhan,  pertumbuhan hewan dan tumbuhan  serta
     berbagai tempat hidup makhluk hidup.

1.1  Mengenal  bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan
bagian pohon
I
Ke Singaparna jual tembikar,
pergi siang pulangnya siang.
Menancap ditanah disebut akar,
penopang tegak namanya batang.

Jalan menurun ke Kali Bening,
tempat jurang tebing menempel.
Cabangnya pohon disebut ranting,
tempat daun buah menempel.

Sawah yang lebar di Pandeglang,
luasnya sungguh ribuan meter.
Hewan yang besar ditopang tulang,
sambungan kepala disebut leher.

1.2  Mengidentifikasi perubahan  pada pertumbuhan hewan (dalam ukuran) dan tumbuhan (dari biji menjadi tanaman)

II
Tanah bekasi tidak berbukit,
tanahnya rata tidak beralun.
Darilah biji dibuat bibit,
setelah itu menjadi pohon.

Sungai yang besar di Palembang,
karena  disana tempat muaranya.
Tumbuhan besar akan bercabang,
setelah cabang ada rantingnya.

Di Utara dikenal Barus,
dahulu terpandang karena kapurnya.
Akar serabut pohonnya lurus,
berakar tunggang ada cabangnya.

Selasa, 09 Agustus 2011

5. Pantun Pembelajaran Sains Kelas 1 smt 2 SD/MI (Bumi dan Alam Semesta)

5. Pantun Pembelajaran Sains Kelas 1 smt 2 SD/MI (Bumi dan Alam Semesta)

    Oleh
    Hamdi Akhsan


Bumi dan Alam Semesta
5.   Mengenal berbagai benda langit & peristiwa alam  (cuaca dan musim) serta pengaruhnya terhadap kegiatan manusia.
5.1  Mengenal berbagai benda langit melalui pengamatan

I
Agar tak sakit silah berpantang,
di saat makan bersihkan hama.
Berkelap kelip disebut bintang,
yang besar bulat bulan purnama.

Buah yang segar sering dicari,
membuat sehat bila dimakan.
Yang bersinar siang itu mentari,
dimalam hari adalah bulan.

5.2  Mengenal keadaan cuaca di sekitar kita
II
Kembang cempiring putih kemilau,
harum baunya terasa enak.
Kalaulah kering itu kemarau,
dimusim hujan airnya banyak.

Putih kemilau kembang cempaka,
tidak seperti kembang kecipir.
bila kemarau tanah merekah,
di musim hujan air mengalir.

5.3  Membedakan  pengaruh musim kemarau dengan musim hujan terhadap kegiatan manusia

III
Ditengah hutan cahaya kelam,
ditutup daun si kayu unglen.
Di musim hujan padi ditanam,
bila kemarau padi di panen.

Kalau makanan berilah tudung,
hindari lalat sumber penyakit.
Kalaulah hujan segera berlindung,
supaya tidak terkena sakit.

4.Pantun Pembelajaran Sains SD/MI kelas 1 Smt 2 (Energi dan Perubahannya)

4.Pantun Pembelajaran Sains SD/MI kelas 1 Smt 2 (Energi dan Perubahannya)

Oleh
Hamdi Akhsan

Energi dan Perubahannya
4.  Mengenal berbagai bentuk energi dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
4.1  Membedakan gerak benda yang mudah bergerak dengan yang  sulit bergerak melalui percobaan

 
bola bulat
I
Indah dilihat awan berarak,
bisa dititi sulitnya lorong.
Benda bulat mudah bergerak,
benda persegi sulit dididorong.

Pindang patin enak berkuah,
rasanya segar dan tidak pahit.
Kalaulah licin mudah dipindah,
yang kasar-kasar didorong sulit.

Buah tak sehat rasanya tawar,
kalaulah asam masak tak tua.
Benda yang berat dipindah sukar,
kalaulah ringan mudah dibawa.

4.2  Mengidentifikasi penyebab benda bergerak (batere, per/pegas,  dorongan tangan, dan magnet)
 
mobilan digerakkan dengan batere

II
Awan berarak dihari sore,
berjalan ia dilangit lepas.
Mobilan bergerak karena batere,
ayunan bergerak karena pegas.

Kalau mentari panas sinarnya.
Pastilah ia di siang terik.
Kalau magnet beda kutubnya,
pastilah ia saling menarik.

Senin, 08 Agustus 2011

3-2011. Pantun Pembelajaran Sains SD/MI (Mengenal Benda)

3-2011. Pantun Pembelajaran Sains SD/MI

             Oleh
             Hamdi Akhsan



3.    Benda dan Sifatnya
       Mengenal berbagai sifat benda dan kegunaannya melalui pengamatan perubahan bentuk benda
3.1  Mengidentifikasi benda yang ada di lingkungan sekitar berdasarkan cirinya melalui     
       pengamatan

I
Pulau buru bukan di barat,
pulau sumatera pulau andalas.
Kalau batu bentuknya padat,
kalau udara wujudnya gas.

Hilir tempatnya itu muara,
hutan lebat tempat hulunya.
Air wujudnya ikuti wadah,
benda padat tetap bentuknya.

3.2  Mengenal benda yang dapat diubah bentuknya

II
Tanda berlumut tanahnya basah,
kalau keras itu kerakap.
Benda yang lembut bisa diubah,
benda keras bentuknya tetap.

Hujan deras daunpun basah,
sisa air tampak mengkilap.
Benda gas bisa dirasa,
tetapi tak bisa ia dilihat

3.3  Mengidentifikasi  kegunaan benda di lingkungan sekitar

Debu dilantai membuat sampah,
bersihkan ia supaya rapi.
Batu dipakai membuat rumah,
air dipakai untuk mencuci.

Hutan rimba tempatnya luas,
sejauh mata pohonnya rapi.
Udara berguna untuk bernafas,
air dipakai untuk mandi.