Rabu, 10 Agustus 2011

6. Pantun Pembelajaran Sains SD/MI kelas 2 Smt 1

6. Pantun Pembelajaran Sains SD/MI kelas 2 Smt 1

     
    Oleh
    Hamdi Akhsan


Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
1.  Mengenal bagian-bagian utama  tubuh  hewan  dan tumbuhan,  pertumbuhan hewan dan tumbuhan  serta
     berbagai tempat hidup makhluk hidup.

1.1  Mengenal  bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan
bagian pohon
I
Ke Singaparna jual tembikar,
pergi siang pulangnya siang.
Menancap ditanah disebut akar,
penopang tegak namanya batang.

Jalan menurun ke Kali Bening,
tempat jurang tebing menempel.
Cabangnya pohon disebut ranting,
tempat daun buah menempel.

Sawah yang lebar di Pandeglang,
luasnya sungguh ribuan meter.
Hewan yang besar ditopang tulang,
sambungan kepala disebut leher.

1.2  Mengidentifikasi perubahan  pada pertumbuhan hewan (dalam ukuran) dan tumbuhan (dari biji menjadi tanaman)

II
Tanah bekasi tidak berbukit,
tanahnya rata tidak beralun.
Darilah biji dibuat bibit,
setelah itu menjadi pohon.

Sungai yang besar di Palembang,
karena  disana tempat muaranya.
Tumbuhan besar akan bercabang,
setelah cabang ada rantingnya.

Di Utara dikenal Barus,
dahulu terpandang karena kapurnya.
Akar serabut pohonnya lurus,
berakar tunggang ada cabangnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar